17 January 2008

LAMPU HID MURAH

Produk Taiwan dan China kuasai pasar lampu HID Indonesia

Setahun belakangan pasar aksesoris disini dibanjiri sama sama produk lampu HID (high intensity discharge). Paling enggak, menurut catatan kami, sekarang beredar 20-25 merk HID murah seperti Vision, Super Vision, Provision, Autovision, HID, HID + 2, Xenon, PS, HDX, Type R, Autoxen, Coolight, K-Lite, BJ Union, Philip, Xtralight, dll.

Padahal 5-6 tahun lalu, lampu HID itu masuk kategori “barang mewah” buat mayoritas carsmeticmania. Maklum, saat itu produk yang ditawarkan berasal dari Eropa dan Jepang seperti PIAA, Hella dan Phillips dengan price list di rentang Rp 5-7 juta per set. Jadi cuma sedikit yang mau mengkonversi lampu mobilnya dari halogen biasa jadi HID.

Meningkatnya demand pembelian lampu HID ini terjadi setelah harga HID makin terjangkau banyak orang. Kini anda cukup siapkan anggaran Rp 1-3 juta. Produk HID murah ini berasal dari Taiwan, Korea dan China. “Setelah HID Eropa dan Jepang, yang masuk ke sini adalah produk dari Taiwan atau Korea. Baru 2006-2007 ini lampu HID China mulai banyak dijual,” kata Dikky Tjahjana dari Dynamic Motorsport, Kemayoran, yang menjual HID Super Vision.

Geng lampu HID murah ini mayoritas berasal dari tanah China. Soalnya, saat ini di beberapa kota di sana seperti Shenszhen, Guangzhou dan Jiaxing terdapat banyak industri ballast dan lampu HID level kecil, menengah dan besar. Penelurusan kami di beberapa situs bisnis dan suplier China menemukan beberapa contoh seperti Guangzhou Zhengrong Electronic Technology Co.,Ltd, TongHang Electronic, Jianxing Guangtai Lighting Co. atau Tianchang Tianxin Electronic Industry Co., Ltd.

Lini produk mereka lengkap. Hampir setiap merk menyediakan lampu HID dengan temperatur warna (color temperature) mulai dari 6.000K, 8.000K, 10.000K sampai 12.000K. Tipenya juga komplet, dari H1, H3 Halogen, H4 Motorized, H4 Bi-Xenon, H7, H11, HB3, HB4, D2R dan D2S. Mayoritas berdaya 35 watt, tapi ada juga yang 55 watt. “Paling laris sih 8.000K dan 10.000K,” kata A Lim dari Circuit, Kemayoran, yang khusus menjual lampu HID merk Provision ini.

Oh ya, rata-rata penjual lampu HID murah ini menawarkan garansi 1-2 tahun. Proses klaim-nya pun cepat. Tinggal bawa ke toko tempat anda membeli dan biarkan mekanik mereka mencari sumber kerusakan. “Kalau masalahnya pada produk, kita langsung ganti dengan yang baru. Paling sering sih ballast-nya, kalau bohlamnya jarang rusak,” samber Ferry dari Creative, Kemayoran, yang mengaku memasarkan 10 merk lampu HID ini. [Wahyu]

KRITISI GARANSI

Aspek garansi lampu HID murah menarik untuk dibedah lebih dalam. Alasan utama pemberian garansi ini adalah untuk membangun kepercayaan konsumen untuk membeli produk mereka. Maklum imej di kepala konsumen Indonesia tentang produk China adalah barang murah dan berkualitas rendah sehingga mudah rusak. Namun, pemberian nilai tambah melalui jaminan garansi ini harus dikritisi. Soalnya, kami mencurigai adanya praktek upping price (menaikkan harga) di balik rayuan garansi 1-2 tahun itu.

Seorang teman yang ogah beken mencontohkan bahwa saat ia menjual produk HID dari Cina tanpa garansi di kisaran Rp 900-1 juta. Kalau pakai garansi 1 tahun harganya naik jadi Rp 1,3-1,4 juta. Ini artinya yang menanggung biaya garansi adalah konsumen. Padahal seharusnya ongkos itu merupakan tanggung jawab penjual.

MOBIL MEWAH EROPA PEMICU VIRUS

Virus konversi HID sendiri ini sebenarnya dipicu oleh produsen mobil Eropa seperti Mercedes-Benz, BMW dan Audi yang memasang lampu HID di lini luxury mereka. Alasannya bukan semata lampu ini bikin mobil terlihat “cool” pada malam hari, tapi lebih pada soal daya tahan dan efisiensi lampu. Lampu HID itu butuh daya kecil, tapi lebih terang dan tahan lama ketimbang lampu ber-filamen (kawat pijar). Kalau enggak percaya lihat saja data spesifikasi Mercedes-Benz S-Class, BMW Seri 7 atau Audi A6.


2 comments:

MOON Lightnings HID Xenon said...
This comment has been removed by the author.
MOON Lightnings HID Xenon said...

Boss, ada 1 merk lagi namanya MOON Lightnings... hahahahha... numpang beken dikit.. mau info lebih lanjut klik ke web yah di http://www.moonlightnings.com