16 January 2008

SKUAD WRC 2008

Peta kekuatan pereli WRC 2008 sudah terlihat jelas. Mulai Citroen yang solid, transfer di BP-Ford sampai mobil baru buat Subaru

Transfer pereli di WRC memang tidak sedramatis di F1. Namun, pergantian pereli di beberapa tim ini bakal mempengaruhi kompetisi pada 2008 nanti. Berikut pemetaan skuad reli untuk tahun 2008. [Wahyu]

Citroën Sport

Sébastien Loeb, juara dunia WRC 4 kali berturut-turut, tetap jadi ujung tombak tim Citroën Sport. Bersama teammate Dani Sordo mereka membentuk sebuah tim reli yang stabil dan kuat. Dengan ketangguhan Citroën C4, peluang untuk merebut gelar juara dunia ke-5 kali makin besar.

Ford World Rally Team

Mikko Hirvonen sudah resmi menerima tongkat estafet sebagai pembalap utama Ford World Rally Team menggantikan Marcus Grönholm. Pereli muda asal Finlandia ini pada 2007 kemarin sudah membuktikan kehebatannya kala Gronholm mengalami persoalan teknis.

Hirvonen sendiri bakal didampingi oleh sesama pereli Finlandia yaitu Jari-Matti Latvala yang ditransfer dari tim satelit Ford, Stobart. Oh ya, sama seperti tahun lalu tim ini bakal mempunyai pereli ketiga yaitu Khalid Al Qassimi dari Qatar.

Subaru World Rally Team

Konfigurasi Subaru World Rally Team masih tetap. Mengandalkan Petter Solberg dan Chris Atkinson sebagai pereli pertama dan kedua. Pereli Norwegia dan Australia ini bakal bahu-membahu bersama pereli ketiga Xevi Pons untuk mengembalikan kedigjayaan Subaru di WRC.

Namun, tantangan buat tim ini datang dari mobil baru mereka, WRX generasi ketiga. Mobil ini berbeda total dengan generasi sebelumnya. Ia memakai mesin, sasis, transmisi dan suspensi yang benar-benar baru. Ini berpotensi menjadi penghalang karena pereli mesti adaptasi dengan mobil, mekanik mesti mncari settingan paling tepat dan tentu saja problem-problem yang muncul saat WRX ini menghadapi ujian reli sesungguhnya.


Suzuki Motorsport

Setelah penampakan di 2 seri WRC tahun 2007 lalu (Reli Korsika dan Inggris), Suzuki Motorsport bakal menurunkan SX4 WRC-nya satu musim penuh tahun 2008 nanti. Namun, perelinya bukan Nicolas Bernardi atau Sebastian Lindholm yang menjadi tester di 2 event tersebut.

Suzuki memutuskan merekrut Toni Gardemeister dan juara 2 kali reli junior Swedia Per-Gunnar Andersson. Toni sendiri enggak punya target muluk-muluk, cuma meraih poin buat SX4 di musim perdananya ini. Perkiraan saya sX4 butuh 2-3 tahun untuk capai hasil terbaik,” terang Gardemeister.

Andersson pun enggak pasangan target tinggi, cukup sumbang poin saja tahun 2008 ini. Maklum ini untuk pertama kalinya ia berkompetisi di kelas “senior”. Namun, sebagai pereli “junior” prestasinya bagus, yaitu juara Junior-World Rally Championship (J-WRC) tahun 2006 (Suzuki Swift) dan 2004 (Suzuki Ignis).

Stobart VK M-Sport Ford Rally Team

Henning Solberg dan Matthew Wilson masih tetap membela Sobart. Maklum pada 2007 kemarin penampilan mereka mengilap, khususnya pada akhir musim dimana mereka raih hasil terbaik buat Stobart.

Sementara itu Gigi Galli mendapat kehormatan menggantikan posisi Jari-Matti Latvala yang dipromosikan ke BP-Ford. “Gigi Galli yang kaya pengalaman di WRC adalah aset buat kami,” terang bos tim Stobart Malcolm Wilson mengenai alasannya merekrut pereli Italia ini.

Stobart tahun 2008 juga bakal memakai mobil baru, yaitu Ford Focus RS 07. Ini merupakan evolusi dari mobil yang mereka gunakan pada musim kompetisi 2007 lalu.

MUNCHI’S FORD

Munchi’s Ford sampai tulisan ini diturunkan belum mengumumkan siapa pereli andalan mereka. Namun, bisa dipastikan Federico Villagra bakal kembali membela tim ini, walaupun tidak seluruh seri WRC 2008 diikutinya. Soalnya, prestasinya cukup bagus tahun 2007 lalu dengan menyumbangkan 2 poin buat Munchi’s dari 7 event yang diikutinya.

Sesama pereli Aargentina, Luis Perez Companc, juga bakal kembali bela Munchi’s. Namun, ia diperkirakan hanya akan turun di 3-4 event saja, mengingat dari 10 event WRC 2007 yang diikutinya ia tidak berhasil menyumbangkan satu poin pun.

Kronos Racing

Kronos Racing tidak bakal turun di WRC 2008. Soalnya, sponsor utama mereka memutuskan mundur dari WRC. Tim ini bakal turun di International rally Challenge bersama BFGoodrich.

No comments: