20 January 2008

SERVICE PARK WRC

Bukan cuma jadi tempat perbaikan mobil dalam waktu singkat. Ini jantung aktivitas reli.

***

Service park merupakan titik penting dalam sebuah event reli, baik itu level dunia maupun nasional. Soalnya, setelah menyelesaikan beberapa SS setiap pereli wajib masuk ke tempat ini untuk melakukan perbaikan yang diawasi dan dilakukan dalam satu periode waktu tertentu.

Menurut regulasi FIA, batas waktu maksimum perbaikan di service park antar SS itu 20 menit. Sementara itu untuk perbaikan di akhir etape atau sebelum masuk “parc ferme” disediakan waktu maksimal 45 menit. Untuk kru mekanik yang memperbaiki 1 mobil maksimum 6 orang.

Waktu perbaikan dan jumlah mekanik yang terbatas ini perbaikan dilakukan dengan cepat, efektif, efisien dan benar. Tidak boleh ada kesalahan sedikit pun karena setiap detik berharga. “Menjatuhkan baut ke lantai atau memakai alat kerja yang salah membuat kita kehilangan waktu 10 detik,” kata Ashley Fowler, mekanik Mikko Hirvonen dari tim BP-Ford. [Wahyu]

SEBELUM MASUK SERVICE PARK

Setelah menyelesaikan satu grup SS atau beberapa menit sebelum masuk ke service park, navigator menginformasikan kerusakan atau kemungkinan kerusakan yang terjadi pada mobil mereka ke tim menggunakan radio komunikasi. Tujuannya agar tim mekanik tahu bagian apa yang rusak sehingga mereka bisa menyiapkan komponen pengganti dan peralatan yang diperlukan.

MOBIL MASUK SERVICE PARK

  • Begitu mobil masuk service park, jam waktu servis langsung dinyalakan agar bisa memantau waktu perbaikan yang masih tersisa.
  • Mobil kemudian didongkrak dan disangga oleh 4 buah jack stand. Setelah ban dilepas, dilakukan pengecekan kebocoran dan kondisi cairan mobil (oli, minyak rem, air radiator, dll).
  • Baut-baut di mesin atau suspensi juga dicek apakah ada yang kendur atau terlepas.
  • Di saat bersamaan data telemetri (putaran mesin, fuel rate, torsi, tenaga, dll) di komputer mobil didownload ke laptop tim untuk dianalisa atau sekadar dicek.
  • Jika diperlukan dilakukan penyetelan lagi suspensi (keras-lembut, tinggi-rendah, camber, dll).
  • Kondisi rem juga diperiksa untuk melihat apakah ada kerusakan atau keausan kanvas rem. Jika tidak ada kerusakan, mekanik membersikan rem dari kotoran.
  • Kaca dan bodi mobil dibersihkan. Membersihkannya bisa dengan dicuci atau menggunakan obat poles.
  • Jika ada bagian bodi yang rusak akibat tabrakan atau membentur sesuatu, bagian tersebut diganti. Kalau tidak memungkinkan ya diperbaiki.
  • Semua pekerjaan ini diawasi dengan ketat oleh kepala kru mekanik.

JADWAL KERJA MEKANIK RELI

1 MINGGU SEBELUM START

Mekanik tim datang di lokasi reli. Mereka langsung bekerja membongkar logistik tim, menyiapkan service park dan mobil untuk shakedown.

SHAKEDOWN DAY (RABU)

Pagi-pagi sekali mereka datang ke service park, mendongkrak mobi dan melepas ban. Mereka melakukan pengecekan menyeluruh sebelum pereli melakukan shakedown. Pada shakedown pereli biasanya mengetes setting suspensi. Kalau dirasa kurang pas, akan disetel lagi pada hari Kamis.

KAMIS

Hari sekaligus kesempatan terakhir terakhir untuk melakukan ubahan pada mobil. Ubahan dilakukan berdasarkan input atau data yang diperoleh saat pereli melakukan shakedown. Enggak heran, pada hari ini mekanik bekerja sampai larut malam. Tujuannya untuk memastikan kondisi mobil 100% buat reli.

JUMAT-MINGGU

Race day!

TOKO SPARE PART TERLENGKAP

Komponen cadangan apa yang dibawa setiap tim dalam sebuah event reli? Jawabannya, semua parts yang ada di mobil mereka bawa, dari baut, kanvas rem, velg, mesin, transmisi sampai bumper atau fender baru! Komponen cadangannya enggak cuma satu, sering kali sampai 2 atau bahkan 5 untuk parts yang rawan rusak.

PUSAT AKTIVITAS RELI

Selain aktivitas memperbaiki mobil, service park juga jadi tempat melakukan aktivitas pendukung reli lainnya. Misalnya pencatatan waktu di setiap SS, distribusi informasi reli hingga media center.

No comments: