21 January 2008

PER TOYOTA YARIS


Ada banyak pilihan per aftermarket branded untuk Toyota Yaris, maklumlah ini mobil pasar internasional yang lumayan beken. Outputnya pun berbeda-beda, ada yang tetap empuk seperti standar dan ada juga keras. Berikut sederet pilihan per branded untuk Yaris. [Wahyu]

TANABE

Tanabe punya lini per Sustec, yaitu NF210 (Normal Feeling), GF210 (Grip Feeling) dan DF210 (Dress-Up Form). Namun, disini hanya varian NF210 dan DF210 yang paling banyak dibeli. “NF banyak dibeli bapak-bapak, kalau DF yang ngincer anak-anak muda,” terang Dalvin Kartawidjaja dari CK Motorsport, Panjang, Jakarta Barat, yang merupakan agen resmi Tanabe.

Pemetaan pembeli ini otomatis mengikuti positioning produk. NF itu dirancang untuk bikin ceper tanpa korbankan kenyamanan mobil. Makanya per ini cuma bikin turun 3-4 cm dan kenaikkan spring rate (kekerasan per) cuma 5%. Bandingkan dengan DF yang kemampuan lowering-nya menyentuh bilangan 5-6 cm dengan spring rate lebih keras 10-15%.

TANABE NF210: Rp 2 juta

TANABE DF210: Rp 1,9 juta


TEIN S-TECH

Pilihan lain adalah Tein S-Tech. Per kondang asal jepang ini punya lini khusus Yaris. Ia bisa bikin ceper sekitar 4,8 cm dan spring rate 3 kg/mm (depan) dan 3,5 kg/mm (belakang). “Mobil tetap empuk dan malah jadi lebih stabil,” timpal Rudy dari Autotrend, Kelapa Dua, Jakarta Barat.

TEIN S-TECH: Rp 1,8 juta


RS*R DOWN SPRING

RS*R juga bisa jadi subtitusi per standar Yaris. Per asal Jepang ini diklaim bisa bikin Ceper Yaris sekitar 3,5 cm. “,” imbuh Amin dari Autostyle, Sunter, Jakarta Utara..

RS*R: Rp 1,7 juta

No comments: