20 January 2008

TOYOTA BANTAH DEADLINE 2 TAHUN

Bos Toyota F1 Tadashi Yamashina membantah bahwa timnya cuma punya waktu 2 tahun lagi buat menunjukkan kesuksesannya di F1. “Kalimat saya salah diinterpretasikan,” ujar tim yang berbasis di Cologne, Prancis ini.

Yamashina sebelumnya mengatakan bahwa ia diberikan waktu 2 tahun lagi oleh manajemen Toyota di Jepang. “Ketika saya menyebutkan deadline 2 tahun lagi untuk tunjukan hasil, dan itu bukan ultimatum, saya bukan mengaitkannya dengan keberadaan Toyota di F1. Saya membicarakan masa tugas saya,” ujarnya lagi.

Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan Presiden Tim Toyota F1 John Howett yang mengatakan bahwa deadline 2 tahun itu tidak benar. “Gosip bahwa kami akan mundur dari F1 tidak berdasar. Berdasar Kesepakatan Concorde, kami akan terus balapan sampai 2012,” terang Howett.

Kesepakatan Concorde (Concorde Agreement) adalah kesepakatan yang ditandatangani bersama oleh FIA, tim F1 dan Formula One Administration. Kesepakatan ini mengatur keikutsertaan tim dalam balapan, share masing-masing pihak dari siaran televisi dan uang hadiang. Detail kesepakatan ini sangat rahasia dan sudah 4 kali mengalami perubahan (1987, 1992, 1997, 1998) sejak pertama ditandatangani di kantor FIA yang berada di Place de la Concorde, Prancis, pada tanggal 19 Januari 1981.

Toyota yang merupakan pabrikan mobil terbesar di dunia saat ini sekaligus salah satu tim F1 dengan budget besar memang belum bisa menunjukan prestasi terbaik. Tahun 2007 lalu Ralf Schumacher dan Jarno Trulli Cuma bisa sumbang 13 poin buat Toyota di klasemen konstruktor. [Wahyu]

No comments: